Leave a comment

About microsoft office excel 2007

Yuhuu..hari ini di lab kamputer-A Universitas Esa Unggul, kita ditugaskan buat mencari tahu tentang microsoft office excel 2007…

Jadi kita mau cari artikel nih lewat kaka google tentang ms.office excel 2007…

index (sumber : http://tahirkhandawar.blogspot.com)

1-12040Q329490-L

Mengenal MS Offiece Excel 2007,,,

nih yah,,kalo dalam artikel http://www.tik.tp.ugm.ac.id nih..pengertian MS.Office 2007 itu,,

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. 

Langkah-langkah membuka MS Office Excel

  • klik tombol star
  • pilih program
  • microsoft office
  • excel
  • ok

Element-Elemen dalam Ms.Ofice Excell

Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:

1) Judul

Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.

2) Office Button

Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.

3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)

Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses 

berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.

4) Toolbar

Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.

5) Help

Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.

6) Lembar Kerja (Workbook)

Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.

7) Cell

8) Nomor Baris

9) Nomor Kolom

10) Nama Range

11) Fungsi

12) Penggulung vertical dan horisontal

 

RUMUS-RUMUS MS. EXCEL

Rumus Excel adalah rumus matematika yang digunakan untuk menghitung nilai. Dalam penulisannya rumus Excel harus dimulai dengan tanda sama dengan (=). Rumus excel dalam bahasa inggrisnya excel formula adalah salah satu fitur yang paling berguna dari program excel. Rumus dapat yang sederhana seperti menambah dua angka atau yang lebih kompleks. Setelah Anda mempelajari dasar format membuat rumus, Excel akan melakukan perhitungan semua untuk Anda.I (SUMBER : http://mungedanil.blogspot.com)

FUNGSI :

Fungsi di Excel adalah sebuah rumus yang sudah ada di Excel. Seperti rumus, fungsi excel dalam bahasa inggrisnya excel function, juga penulisannya dimulai dengan tanda sama dengan (=). Sebagai contoh fungsi yang paling mudah dipakai adalah fungsi SUM yang sintaknya adalah =SUM (number1,[number2], …). Dengan kata lain, fungsi excel adalah sekumpulan rumus yang sudah diprogram di dalam excel, kita tinggal memanggil fungsi tersebut dengan menuliskan fungsi tersebut.

Sebuah rumus Excel dapat mengandung fungsi, operasi matematika, dan konstanta. Fungsi adalah rumus Excel atau formula yang merupakan  bawaan dari Microsoft Excel. Kita akan melihat beberapa fungsi microsoft Excel yang paling sering dipakai.
  • Rumus Excel VLOOKUP

Syntax dari fungsi microsoft excel ini adalah : VLOOKUP (lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)
Rumus Excel VLOOKUP dipakai untuk mencari nilai dalam kolom pertama dari tabel dan mengembalikan nilai dalam baris yang sama dari kolom lain dalam tabel.
Vlookup adalah fungsi untuk mengambil nilai tertentu dari pembacaan sebuah tabel dengan menggunakan sel kunci (membaca tabel’a scr vertikal/perkolom)
CONTOH rumus : =VLOOKUP(LEFT(B7,2),$B$17:$D$20,2,0)
CONTOH KASUS : (mungedanil.blogspot.com)
perhatikan tabel berikut :
rumus-excel-vlookup
kemudian buatlah tabel penjualan juli 2013 seperti berikut :
2
Untuk mengisi kolom Keterangan, saya akan ambil dari Daftar Barang Toko Saribusana berdasarkan Kode yang ada, maka rumus Excel nya adalah
=VLOOKUP(B12,$B$3:$E$6,2,FALSE)
B12 : Kode Barang di B12 adalah acuan yang dipakai untuk mengambil data di tabel Daftar Barang.
$B$3:$E$6 : range tabel yang akan kita ambil datanya, dalam hal ini adalah tabel Daftar Barang tanpa mengikutsertakan judul kolom. Dan,  jangan lupa gunakan $ sebab range tabel adalah absolut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>