Leave a comment

SEJARAH UNIVERSITASESA UNGGUL

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

logo+esa+unggul

Universitas Esa Unggul, adalah perguruan tinggi swasta di Kota Jakarta, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1986. Rektor pada tahun 2006 adalah Dra. Hj. Kemala Motik Abdul Gafur, MM..Rektor pada tahun 2010 adalah Dr. Arief Kusuma, AP, MBA.

Universitas Esa Unggul (UEU) didirikan pada tahun 1993 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kemala Mencerdaskan Bangsa adalah Perguruan Tinggi Swasta terkemuka dan menjadi salah satu Universitas Swasta terbaik di Indonesia.

Dalam satu dekade terakhir ini UEU mengalami perkembangan yang sangat pesat menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkemuka di Jakarta. Sejarah mencatat bahwa UEU adalah Perguruan Tinggi yang merintis dan mempelopori pendirian Akademi Rekam Medik (ARM) dan Program Sarjana Terapan Fisioterapi yang pertama di Indonesia. Program peningkatan kualitas akademik mahasiswa dan dosen, pelayanan, sarana dan prasarana, penelitian dan pengabdian masyarakat serta kualitas lulusan menjadi prioritas utama untuk mencapai a World Class University. Namun, tantangan lingkungan strategik juga menuntut UEU untuk selalu melakukan penyesuaian dan inovasi pada nilai-nilai, budaya kerja dan etos kerjanya menjadi perguruan tinggi kelas dunia, berarti UEU bertekad untuk mengacu pada standar perguruan tinggi kelas dunia dan menjalankan best practices yang dilakukan oleh perguruan tinggi kelas dunia.

UEU berupaya menghasilkan output, baik hasil penelitian maupun hasil pengabdian masyarakat, yang diakui kontribusinya oleh komunitas internasional. Dan yang paling penting UEU berupaya keras untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dan berdaya saing global. Kewirausahaan dan kreatifitas, yang secara eksplisit telah dijadikan spirit dan tema utama akan mewarnai seluruh perjalanan kemajuan menjelang 25 (dua puluh lima) tahun berdirinya UEU sampai dengan tahun – tahun berikutnya.

UEU dikenal bukan hanya menghasilkan pemikir cerdas dan kritis, namun juga menghasilkan lulusan yang inovatif dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. UEU mengembangkan dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik institusi nasional maupun internasional dengan Universitas dan Program Studi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kurikulum, dan mutu lulusan UEU, sehingga memiliki ketrampilan dan kompetensi terbaik sesuai dengan bidangnya.

Lokasi UEU berada di daerah yang strategis pada kawasan pendidikan tinggi di wilayah Jakarta Barat. Kampus yang berlokasi di sisi Tol Tomang – Kebon Jeruk mudah dicapai dari seluruh penjuru Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor dan sekitarnya. Dengan areal kampus hijau seluas 4,5 ha di jantung kota Jakarta, UEU terus berkembang sebagai “Urban Campus” yang menjadi kebanggaan masyarakat.

Fakultas

Universitas Esa Unggul memiliki 9 (sembilan) Fakultas Program Sarjana dan 4 (empat) Program Pascasarjana, yaitu:

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Teknik
  3. Fakultas Desain & Industri Kreatif
  4. Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan
  5. Fakultas Hukum
  6. Fakultas Ilmu Komunikasi
  7. Fakultas Fisioterapi
  8. Fakultas Psikologi
  9. Fakultas Ilmu Komputer
  10. Magister Manajemen
  11. Magister Akuntansi
  12. Magister Hukum
  13. Magister Administrasi Publik

 

  • MAKNA  LAMBANG ESA UNGGUL (2009-SEKARANG)

logo+esa+unggul

makna lambang esa unggul

Deskripsi Umum

Secara garis besar, Logo UEU digambarkan oleh expose huruf e (Esa) yang dibentuk oleh 3 (tiga) garis lengkung dengan sebuah bola biru tiga dimensi ditengahnya. Dua garis lengkung diantaranya berwarna biru, sedangkan satu garis lengkung lainnya berwarna orange dan membentuk huruf u (Unggul). Keseluruhan elemen logo membentuk sebuah formasi yang simple (sederhana), agar mudah dikenali.

Huruf e mengandung serangkaian makna, yakni :

  • emas, mewakili Kampus Emas
  • esa, mewakili keinginan untuk menjadi satu atau suatu yang berbeda, bukan follower
  • exist, mewakili semangat untuk selalu hadir dan berkelanjutan
  • excellent, mewakili upaya untuk senantiasa mempersembahkan karya dan pengabdian yang terbaik
  • entrepreneurship, mewakili upaya untuk meletakkan kewirausahaan sebagai pilar universitas
  • elektronik, menggambarkan perjalanan universitas untuk masuk dalam era digital berbasis e-learning.

Huruf u mengandung makna :

  • unggul, mewakili cita-cita untuk menjadi institusi terdepan, menghasilkan lulusan berpredikat “insan unggul”
  • ultimate, mewakili sebuah sikap dan usaha untuk mencapai “ketuntasan”.

Putaran Dinamis

Tiga garis lengkung yang membentuk putaran dalam gerak memusar, menggambarkan dinamika universitas untuk terus maju tanpa henti, menembus batas-batas kemapanan, mencapai tujuan dan cita-cita luhurnya.

Bola Biru Bercahaya

Bola biru tiga dimensi yang terletak ditengah-tengah pusaran dinamis menggambarkan “fokus” dan perjalanan universitas untuk mencapai keberhasilan dan martabat di tingkat global (dunia internasional). Seberkas cahaya pada bola biru menggambarkan kehadiran reputasi institusi oleh institusi dan lulusan yang akan memberiakn arti, nilai dan warna tersendiri pada universitas atau kemanusiaan.

 

Warna

Biru, mewakili sikap institusi universitas dan civitas akademika yang terbuka terhadap pembaharuan, paradigma baru, keberagaman dan perbedaan pendapat serta kebenaran, disamping menggambarkan kejujuran, loyalitas dan disiplin, kekeluargaan dan persahabatan, cinta tanah air dan toleransi, cerdas dan praktis, empati, percaya diri dan militan.

Orange, mewakili sikap dinamis, keceriaan, dan kreatifitas dan inovatif.

SOURCH : http://www.esaunggul.ac.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>