Leave a comment

PERAN HARDWARE, SOFTWARE DAN INTERNET

(Tugas Pengantar Aplikasi Komputer : seksi 01)

  1.  PERAN SOFTWARE

perangkat lunak

Perangkat lunak juga disebut piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Program komputer atau sering kali disebut sebagai program, merupakan suatu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa program tertentu dan telah ter-install di dalam komputer. Program komputer merupakan contoh perangkat lunak komputer yang menuliskan aksi komputasi yang akan dijalankan oleh komputer. Komputasi ini biasanya dilaksanakan berdasarkan suatu algoritma atau urutan perintah tertentu. Urutan perintah atau algoritma merupakan suatu perangkat yang sudah termasuk dalam program komputer tersebut.Tanpa algoritma tersebut program komputer tak dapat berjalan dengan baik.

Berdasar fungsi tersebut, perangkat lunak atau operating system merupakan penengah antara perangkat keras dengan perangkat lunak yang telah dibuat oleh pengguna komputer. Perangkat lunak ini dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu tingkatan program aplikasi (misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (misalnya Microsoft Windows), tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan), perangkat lunak utility, dan perangkat lunak program paket.

Sistem operasi

Istilah sistem operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Sistem operasi merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer. Sistem operasi berperan sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Sistem operasi dibuat untuk mengendalikan kerja komputer secara mendasar, yaitu melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka sistem operasi mengatur jadwal yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor ( ) serta tidak saling mengganggu.

Operating System (OS) diperkenalkan pertama kali dan dikembangkan untuk komputer IBM 701 pada tahun 1945. Pada waktu itu, tujuan utama dari OS adalah untuk mengurangi waktu menganggur (idle time) dari CPU dan digunakan untuk menjalankan beberapa tugas komputer bersama-sama dengan cara dikumpulkan terlebih dahulu. Fungsi utama sistem operasi (Agung Setiawan,2003) adalah sebagai berikut.

1) Menyimpan program dan aksesnya.

2) Membagi tugas di dalam CPU.

3) Merekam sumber data.

4) Mengatur memori termasuk menyimpan, menghapus, dan mendapatkan data.

5) Memeriksa kesalahan sistem.

6) Memelihara keamanan sistem khusus pada jaringan yang memerlukan password (kata kunci).

Program ← Sistem Operasi → Hardware

Sumber : 30 juni 2013, http://budisma.web.id/materi/sma/tik-kelas-x/pengertian-dan-fungsi-sistem-operasi

2. PERAN HARDWARE

  • Motherboard

Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.gambar-motherboard3

  • Processor

Fungsi Processor ialah untuk untuk memproses data yang diterima dari masukan (input), seterusnya akan menghasilkan keluaran (output). Semasa kerja memproses data tersebut, processor juga akan sentiasa berhubung dengan komponen komputer yang lain, terutamanya hard disk dan RAM. Ia juga digambarkan sebagai “otak” kepada komputer dimana setiap data akan melalui processor bagi menghasilkan keluaran (output) yang sepatutnya. Sesuai dengan fungsi processor, ia juga dikenali sebagai Central Processing Unit atau ringkasannya CPU.

Sebagai contoh, ketika anda taip alamat blog ini, maka processor akan menerima masukan tersebut dan berurusan dengan komponen-komponen komputer yang lain seperti RAM, hard disk, motherboard, dan lain-lain komponen bagi menghasilkan keluaran / hasil yang anda kehendaki. Sekiranya processor tidak berfungsi, maka komponen-komponen komputer yang lain juga tidak dapat berfungsi.

prosecor

  • Socket Processor & Slot Processor

Merupakan Tempat dipasangnya/diletakkannya processor, jenis processor menentukan processor apa yang dapat dipasang di socket/slot processor tersebut

.socked processor  socked processor (2)

  • Socket Ram

Merupakan Tempat Meletakkan Ram.

socked ram

Ram
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.

ram  jenis ram  ddr3-vs-ddr2-ram

  • Sound Card

Sound card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari speaker).

SOUND CARD          SOO=UND CARD

  • Hard disk drive Sata & Hard disk Drive Ide

Merupakan perangkat yang berfungsi untuk penyimpanan data utama di komputer.

HARDISK DRIVE

  • Floppy disk drive & Disket

Fungsi Floppy disk drive berfungsi untuk membaca data yang tersimpan di dalam floppy disk, seperti disket.
Fungsi dari sebuah disket (floppy disk) untuk menyimpan jumlah yang relatif kecil dari data komputer, tidak lebih dari 1. 44MB, pada kecil, portable drive.Floppy Disk Drive    disket

  • Power Supply & Kabel Power Supply

Pada dasarnya Fungsi utama dari power supply adalah mengubah aliran listrik arus bolak-balik (AC) yang tersedia dari aliran listrik (di Indonesia, PLN). Menjadi arus listrik searah (DC) yang dibutuhkan oleh komponen pada PC.

power supply

  • CPU FAN( LGA775 & socket 778)

Berfungsi Untuk mendinginkan Processor.

CPU FAN

 

  • Hard disk External

Fungsinya sama seperti hardisk yaitu media penyimpanan data.

HARDISK EKSTERNAL

  • Cd/ Dvd Drive External

Fungsinya untuk Tempat memasukkan Cd/Dvd ke laptop/komputer.cd EKSTERNAL

  • MOUSE

Mouse adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk menggerakkan cursor pada layar komputer atau laptop. Mouse berfungsi untuk memudahkan pengguna komputer untuk mengakses tombol perintah yang biasanya menggunan tombol kombinasi keyboard baca: Shortcut keyboard lengkap.

USB Optical Mouse

  • KEYBOARD

Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam computer.

keyboard

  • Kabel Sata

Berfungsi untuk menguhubungkan media penyimpanan seperti hdd & dvd rom ke computer.

kabel sata

  • Kabel Floppy disk

Berfungsi untuk menguhubungkan Floppy disk/disket ke computer.

FloppyDriveCable

  • kabel IDE

Berfungsi untuk menghubungkan media penyimpanan seperti hdd & dvd rom ke komputer.

ide_133_cable

  • Lan Card

Berfungsi untuk menghubungkan kabel lan ke komputer. 18. Lan Card
Berfungsi untuk menghubungkan kabel lan ke komputer.

lan card

  • Modem Card

Fungsi dari modem adalah mengubah data dari digital ke listrik atau gelombang elektronik dan sebaliknya.

Modem-Card

DIAMBIL TANGGAL 29 JUNI, SUMBER http://abdoelbasit.blogspot.com/2012/12/fungsi-fungsi-hardware-komputer.html

  1. 1.   PERAN INTERNET

Internet banyak menyediakan beragam dan jenis informasi dan pengetahuan yang disediakan dalam bentuk website yang berkembang diseluruh dunia.Itu semua tergantung dari cara kita menggunakannya.Pendidikan sekarang ini tidak terlepas dari bantuan teknologi internet sebagai media utama untuk membantu proses belajar dan mengajar dalam lingkungan sekolah dan universitas.Dimana-mana hampir sebagian pendidikan menggunakan internet sebagai media tambahan untuk melengkapi mata pelajaran dan mata kuliah dari masing-masing pendidikan formal tersebut.

 

Teknologi internet apakah yang digunakan sebagai bahan utama untuk membantu pendidikan saat sekarang ini? Berikut beberapa peran dari internet bagi pendidikan :

 

1.Internet Sebagai Bahan Pelajaran Tambahan

Akses internet yang serba mudah dan gampang digunakan membuat banyak orang mengambil sebagian informasi dalam bentuk artikel baik berbentuk PDF,Power Point atau M.Word dapat digunakan sebagai bahan tambahan ajaran bagi tenaga pengajar sekarang ini.Karena saat ini tidak secara semuanya poin-point penting dalam buku dijelaskan secara luas.Adakalanya kita mengambil bahan tambahan untuk melengkapi mata pelajaran atau mata kuliah tersebut.

 

Jadi dengan adanya tambahan pelajaran dari internet dapat membuat pendidikan semakin berkembang dengan baik terutama dalam mengembangkan wawasan dan ruang lingkup dari pelajaran yang diajarkan tersebut.Selain itu internet juga membantu anak-anak didik lebih berkembang informasinya serta mampu membuka daya kreatif untuk menemukan hal-hal baru dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan.

 

2.Internet Membuat Penemuan Baru Dalam Dunia Pendidikan

Ada hal yang baru bisa ditemukan dalam pendidikan saat sekarang ini terutama dengan adanya bahan-bahan baru yang dapat ditemukan dari internet.Contohnya paling sering ditemukan adalah penemuan baru dalam bidang SAINS (IPA) dimana ada hal baru bisa ditemukan seperti penemuan arus listris dari air seni,bahan bakar dari bahan organik semuanya ini dapat ditemukan karena adanya internet dimana internet dijadikan sebagai bahan atau sumber tambahan untuk melengkapi penemuan baru tersebut serta juga dibantu dengan buku-buku penelitian.Tentunya internet ini menjadi penting dalam melengkapi sebuah penemuan baru dalam dunia pendidikan sekarang ini.

 

3.Internet Menghilangkan Gaptek Dalam Pendidikan

Gaptek atau gagap teknologi merupakan hal yang perlu dikurangi seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi.Gaptek menjadi masalah utama dalam mengenal berbagai jenis pengertian,istilah,benda,dah hal sebagainya.Terutama bila buku-buku pendidikan tersebut kurang menjelaskan atau kurang melengkapi arti luasnya sehingga membuat pendidik atau pun pelajar jadi kurang mengenal informasi tersebut baik berupa gambar dan tulisan.

Dengan adanya internet kita tidak bisa gaptek lagi karena dengan internet kita bisa mengakses dan menemukan hal-hal yang baru yang tidak ketahui sebelumnya.Baik berupa gambar,benda,arti,istilah dan lainnya bisa ditemukan dan didapatkan dari internet ini.Tapi point pentingnya gunakan internet untuk mencari dan menemukan hal-hal positif tentunya.

 

4.Internet Sebagai Media Belajar dan Mengajar Jarak Jauh

Dengan adanya internet dan perangkat yang mendukungnya kita bisa belajar dengan jarak yang cukup jauh.Tentunya ini sangat membantu apalagi dapat kita contohkan jika seorang Dosen mata kuliah sedang berada di Luar Negeri sedangkan mahasiswa ada di Indonesia maka seorang dosen bisa mengajarkan mata kuliah kepada mahasiswanya dengan memanfaatkan fasilitas internet yakni dengan cara melalui SKYPE, Video Yahoo Mesengger, Chat melalui webcam fasilitas di Facebook dan macam lainnya yang bisa secara online tatap muka dan berbicara secara langsung.Kemudian menggunakan Infocus atau proyektor untuk memperjelas atau meluaskan video dan chatnya kepada mahasiswa yang ada dalam ruangan tersebut.Sehingga akan tampak jelas Dosen dan mahasiswa saling berinteraksi secara jarak jauh dengan akses internet tersebut sehingga ini membantu belajar dan mengajar yang walaupun jaraknya cukup jauh tapi dengan adanya internet dan fasilitas yang mendukung semua akan terasa dekat tentunya dalam belajar dan mengajar.

 

Selain itu internet juga dapat membantu mengatasi solusi pengajar ataupun pendidikan dalam memberikan sebuah tugas penting kepada siswa ataupun mahasiswa yakni dengan cara mencari tugas dari internet yang kemudian penyerahan tugas tersebut dikirim melalui sebuah email yang tentunya ini sudah menjadi pemanfaat internet dalam pendidikan.Tentunya ini sangat membantu peran penting internet dalam pendidikan sehingga membuat pendidikan lebih mengenal internet sebagai media teknologi yang membantu perkembangan dari sisi dunia pendidikan tersebut.

 

5.Internet Sebagai Buku atau Catatan Online Pendidikan

Selain buku,LKS(Lembar Kerja Siswa), majalah, koran, makalah, dan semacamnya yang kita gunakan.Maka internet dapat juga dijadikan sebagai buku atau catatan online yang berfungsi untuk menyimpan semua informasi kita terima hal ini tentunya befungsi agar informasi yang kita salin dan simpan ke dalam internet tidak rusak,hilang dan lenyap begitu saja.

 

Contohnya : jika kita mempunyai buku catatan, untuk menghindari dari rusak atau hilangnya buku tersebut adakalanya isi catatan tersebut bisa kita simpan dalam M.Word atau PDF atau Power Point serta lainnya yang kemudian kita upload ke web hosting tempat penyimpanan data seperti google dokumen atau google drive yang mempunyai tingkat penyimpanan cukup besar.Tentunya dengan kita menyimpan catatan penting maka kita tidak perlu takut lagi dengan buku tadi, karena seandainya catatan buku tersebut hilang atau rusak maka kita tinggal mengambil dokumen yang telah kita simpan tadi.Tentunya inilah peran penting internet yang sangat penting itu.Semua menjadi aman dan nyaman.

 

Maka dari itu setiap dokumen pendidikan baik berupa naskah soal,kunci jawaban dan lainnya

bisa disimpan dalam internet dengan memanfaatkan fasilitas internet itu tadi yakni bisa Google Drive atau tempat penyimpanan data lainnya yang banyak dan bisa kita temukan disana.

Inilah salah satu mengapa internet itu penting bagi dunia pendidikan.Dan saat ini fungsi internet sebagai bagi pendidikan sudah memberikan banyak perkembangan dan kemajuan umumnya.Semoga dengan memanfaatkan internet dalam dunia pendidikan membawa banyak penemuan dan hal baru yang dapat diterapkan dan dapat membantu perkembangan dunia umumnya.Oleh karena itu manfaatkan internet sebagai media untuk menemukan hal-hal baru dan hal baru tersebut dapat membawa manfaat bagi masyarakat yang ada disekitar kita.Amin.

Diambil tanggal 1 juli 2013 sumber : http://www.infosaja.com/2013/02/fungsi-internet-bagi-pendidikan.html

BY putriani.i@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>